SOREANG, InfoLensaNews.id – Kabupaten Bandung meraih predikat “Zona Hijau” dalam Penilaian Kepatuhan Penyelenggaraan Pelayanan Publik Tahun 2023, Kamis (15/12/2023).
Prestasi ini diperoleh dengan memperoleh nilai tinggi sebesar 96,16 dan mendapat opini “Kualitas Tertinggi” dari Ombudsman Republik Indonesia (RI).
Hal ini sekaligus menjadikan Kabupaten Bandung sebagai Kabupaten dengan penilaian pelayanan publik terbaik di Jawa Barat.
Penghargaan disampaikan dalam acara “Penganugerahan Predikat Penilaian Kepatuhan Penyelenggaraan Pelayanan Publik”
Locus penilaian
Lokus penilaian mencakup empat dinas dan dua Puskesmas di lingkungan Pemerintah Kabupaten Bandung,
yakni Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu, Dinas Pendidikan, Dinas Sosial, Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil, Puskesmas Soreang, dan Puskesmas Katapang.
Ombudsman RI, dalam menjalankan fungsinya untuk mengawasi penyelenggaraan pelayanan publik,
melakukan penilaian kepatuhan terhadap 586 lembaga yang terdiri atas 25 kementerian, 14 lembaga, dan 547 pemerintahan daerah (provinsi dan kabupaten/kota).
Peningkatan
Hasil penilaian tahun 2023 menunjukkan peningkatan signifikan, dengan 414 lembaga masuk dalam zona hijau, 133 lembaga zona kuning,
dan hanya 39 lembaga berada dalam zona merah.
Dengan peningkatan jumlah lembaga yang meraih predikat zona hijau, Ketua Ombudsman RI, Mokhamad Najih menjelaskan
bahwa hal tersebut menunjukkan pemenuhan standar pelayanan publik yang lebih baik sehingga masyarakat akan mendapatkan pelayanan publik yang lebih baik.
Dalam sambutannya, ia menyampaikan bahwa Ombudsman tidak hanya menyelesaikan keluhan masyarakat,
tetapi juga melakukan tindakan preventif terkait pencegahan mal administrasi.
“Penilaian kepatuhan ini memperhatikan empat dimensi utama, yaitu dimensi input, proses, output, dan pengaduan,” katanya.
Penilaian kepatuhan
Mokhamad Najih menyebutkan bahwa penilaian kepatuhan ini dapat menjadi tolok ukur terhadap evaluasi dan penguatan terhadap pengawasan internal
“Pelayanan publik yang prima membutuhkan kerja sama, disiplin, dan perubahan budaya kerja antar lembaga”, jelasnya.
“Penilaian kepatuhan bukan hanya sebagai evaluasi, tetapi juga sebagai tolok ukur untuk penguatan pengawasan internal dan evaluasi program reformasi birokrasi pemerintah,” lanjutnya.
Ombudsman
Ketua Ombudsman RI tersebut juga turut mengucapkan terima kasih kepada semua pihak yang telah berkontribusi dalam meningkatkan kualitas pelayanan publik.
Selanjutnya, dia mengajak seluruh lembaga pelayanan publik untuk terus menjaga komitmen dan netralitas, terutama menghadapi tahun politik mendatang. *